Jalur Kereta Api NIS/KAI Gambringan - Cepu (1902-Sekarang)

Jalur kereta api Gambringan - Cepu adalah jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Gambringan di Kabupaten Grobogan dan Stasiun Cepu di Kota Cepu Kabupaten Blora. Jalur ini merupakan salah satu bagian dari jalur utama lintas utara Jawa dengan Jenis Rel Double Track dan R54 Bantalan Beton. Penyelesaian proses double track di jalur ini diselesaikan Tahun 2013-2014. Jalur saat ini dikelola oleh PT KAI DAOP IV Semarang.

Jika dilihat dari sejarahnya, jalur ini merupakan lanjutan dari Jalur Gundih - Surabaya yang dibangun oleh NIS sebagai tindak lanjut berkembangnya Kota Cepu sebagai sentra minyak mentah di sekitar Tahun 1902. Awalnya  NIS menolak ketika Pemerintah Hindia Belanda meminta NIS membangun jalur ini dengan lebar rel 1067 mm (Cape Gauge), karena di lintasan yang dilalui jalur ini sepi penduduk dan masih banyak rawa/hutan lebat. NIS kemudian juga membangun sebuah jalur lintas/shortcut antara Stasiun Brumbung dan Gambringan (yang sekarang menjadi jalur utama, bahkan mengalahkan jalur Gundih - Gambringan yang dibangun lebih dulu).

Stasiun Doplang, Eksis Dari Upgrade Jalur Ganda



Sebagaimana di jalur lain, di masa lalu di jalur ini terdapat beberapa pemberhentian kecil yang sekarang sudah tidak dapat ditemui lagi. Beberapa stasiun setingkat halte masih aktif dan beroperasi sampai sekarang. Semenjak dilakukan upgrade rel menjadi double track, sebagian jalur ada yang dipotong untuk mengurangi kelengkungan dan meningkatkan kecepatan kereta yang melintas. Selain itu, beberapa stasiun juga direnovasi, baik dengan penambahan kanopi di emplasemen, dibuat bangunan baru tanpa merobohkan bangunan lama, atau merobohkan bangunan lama diganti baru. Stasiun yang dibuat bangunan baru tanpa merobohkan bangunan lama antara lain Stasiun Kradenan dan Stasiun Kapuan, 


Komentar

Postingan Populer