Jalur Kereta Api SS/KAI Madiun - Kertosono (1881 - Sekarang)

Merupakan bagian dari lintas selatan Jawa yang menghubungkan Surabaya dan Surakarta. Petak Madiun - Kertosono dibangun oleh StaatsSpoorwegen dan diselesaikan tahun 1881 untuk lintas Kertosono - Nganjuk. Pada tahun berikutnya jalur diselesaikan pembangunannya sampai ke Madiun dan terus ke arah barat pada tahun-tahun berikutnya sampai tersambung ke Surakarta pada tahun 1884. Jalur ini merupakan salah satu jalur yang akan diprioritaskan untuk dikembangan menjadi jalur ganda guna memperlancar arus lalu lintas barang dan orang menggunakan kereta api.

Eks Stasiun Wilangan



Dari kebanyakan stasiun yang pernah dibangun, seluruhnya masih aktif dan digunakan kecuali sebuah pemberhentian di antara stasiun Baron dan Sukomoro dengan nama pemberhentian Ngrajeg yang sekarang sudah hilang bangunannya. Jalur ini pernah menjadi andalan utama untuk transportasi hasil bumi dari PG. Baron (sekarang sudah hilang),



Per Tahun 2020, pembangunan jalur ganda di lintas ini telah diselesaikan, beberapa stasiun dirobohkan dan dibangun ulang dengan bangunan yang lebih megah, antara lain Stasiun Caruban, Babadan, Saradan, dan Bagor. Adapun Stasiun Wilangan kini dinonaktifkan, dan bangunannya masih tetap ada. 

Komentar

Postingan Populer