Jalur Kereta Api PbSM/PJKA Probolinggo - Paiton (1897-198x)

Jalur Kereta api Probolinggo Paiton adalah jalur keretaapi yang menghubungkan Stasiun Probolinggo PbSM (beda stasiun dengan Stasiun Probolinggo SS yang menjadi Stasiun Probolinggo Kota sekarang) dan Stasiun Paiton. Jalur ini dibangun oleh Perusahaan Keretaapi Swasta Probolinggo Stoomtram Maatschappij (PbSM) pada tahun 1894 melewati daerah probolinggo kota, bentar, kraksaan, dan paiton. Jalur ini merupakan salah satu jalur kereta di pinggir jalan raya (tram) yang sekarang menjadi Jalur Pantura Jawa bagian timur.  Pada masa jayanya jalur ini banyak mengangkut komoditas gula dari pabrik gula yang dilalui, antara lain PG. Bagu, PG. Paiton, PG Kandangjati, PG. Pedjarakan dan PG. Sebaung, selain juga angkutan penumpang. 

Bekas Stasiun Dringu



Jalur ini terkoneksi dengan Jalur SS (yang menjadi jalur utama lintas timur Surabaya - Banyuwangi sekarang) di area Stasiun Jati.Jalur ini juga mempunyai ujung di Pelabuhan Probolinggo sebagaimana Jalur milik SS. Pada tahun 1912, jalur ini diperpanjang ke arah barat untuk menjangkau beberapa pabrik gula di sebelah barat Kota Probolinggo, yaitu PG. Umbul dan PG Sumberkareng.  Sisa - sisa jalur ini masih banyak yang bisa ditemui baik berupa stasiun, bangunan dipo, rel, dan jembatan rel. Beberapa bangunan stasiun yang masih ada berubah fungsi menjadi berbagai penggunaan seperti bangunan usaha (toko) dan kantor. Stasiun yang masih utuh bangunannya antara lain St. Dringu, St. Kraksaan, dan St. Jabung.


Komentar

  1. Halte Bentar masih ada pak Bram.. tepat disamping pos polisi pantai Bentar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak ada halte bentar, bahkan dr foto udara milik Belanda jika diperhatikan hanya hamparan pantai. Halte dekat bentar yg ada yaitu halte gunung pandak, lokasinya ada di sebelah barat bukit bentar. Prediksi saya sekarang jadi kantor koperasi. CMIIW

      Hapus
    2. Dan satu hal lagi pak bram, jalur rel di bentar itu ada di dalam areal obyek wisata bentar. Mulai dari pos polisi (ada papan tanda aset PT KAI lurus dalam posisi serong sebelum meliuk di utara tikungan. Pondasi jembatan bisa dicari di belakang warung es degan di barat pantai bentar juga. Dulu, sebelum pantai bentar di renovasi, rel ini masih nyembul lengkap dengan bantalan kayunya.

      Hapus
  2. Pak Bram, mohon maaf sekedar menanyakan, tahukah dimana letak jalur rel Pabrik Sumberkareng Probolinggo? 🙏🏻

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer