Jalur Kereta Api SS/KAI Kroya - Kutoarjo ( 1887 - Sekarang)

Jalur kereta api Kroya Kutoarjo adalah jalur kereta api di zona selatan Jawa Tengah yang menghubungkan Kota Kroya di Kabupaten Cilacap dan Kota Kutoarjo di Kabupaten Purworejo. Jalur ini dibangun oleh StaatsSpoorwegen (SS) atau Perusahaan Keretaapi Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1887 sebagai bagian dari Jalur Kereta Api Maos-Yogyakarta (untuk segmen Yogyakarta - Kutoarjo dapat dibaca pada LINK INI dan segmen Cilacap - Maos - Kroya di LINK INI) dan dikenal dengan sebutan "SS Westerlijnen". Kota besar yang dilalui jalur ini antara lain Kutoarjo, Kutowinangun, Kebumen, Karanganyar, Gombong dan Kroya. Jalur rel berupa jalur single track dengan kondisi bantalan beton dan jenis rel sebagian besar sudah R54. Terdapat salah satu terowongan kereta yang cukup terkenal di jalur ini karena sering digunakan untuk berbagai syuting film, yaitu terowongan Ijo diantara Stasiun Gombong dan Stasiun Ijo. Terowongan ini menembus Perbukitan Karangbolong/GunungMalang dengan panjang terowongan 580 meter. Direncanakan terowongan ini akan dinonaktifkan jika Proyek Double Track Kroya - Kutoarjo jadi dilaksanakan. Sejak jaman Pemerintah kolonial, seluruh stasiun dan halte yang ada di jalur ini masih aktif sampai sekarang, kecuali sebuah pemberhentian kecil bernama Ungaran yang sekarang sudah tidak ada bangunannya.Terdapat sebuah jalur cabang di Stasiun Prembun menuju PG. Rembun yang sekarang sudah tidak dapat ditemui lagi bekas pabrik gulanya.




Berikut adalah galeri foto beberapa stasiun yang ada di jalur ini. 

Stasiun Butuh Dalam Tahap Konstruksi Double Track
Stasiun Butuh Dalam Tahap Konstruksi Double Track



Stasiun Prembun Dengan Kanopi Modern Pasca Upgrade
Stasiun Prembun Dengan Kanopi Modern Pasca Upgrade



Stasiun Kutowinangun Baru Dengan Kanopi Modern Pasca Upgrade
Stasiun Kutowinangun Baru Dengan Kanopi Modern Pasca Upgrade



Stasiun Wonosari Ketika Masih Aktif
Stasiun Wonosari Ketika Masih Aktif

Stasiun Kemranjen Bangunan Baru yang Megah
Stasiun Kemranjen Bangunan Baru yang Megah

Stasiun Ijo Lama Kini Non Aktif
Stasiun Ijo Lama Kini Non Aktif



UPDATE 16 MARET 2022

Semenjak diselesaikannya pembangunan jalur ganda Kroya - Kutoarjo pada Tahun 2020, terdapat beberapa perubahan pada jalur ini. Beberapa stasiun lama dinonaktifkan dan beberapa stasiun telah direnovasi menjadi bangunan baru yang lebih megah. Stasiun yang dinonaktifkan adalah Stasiun Soka, Stasiun Ijo lama, dan Stasiun Wonosari. Sedangkan stasiun yang dibangun ulang (baik dengan mempertahankan bangunan lama atau membuat bangunan baru) adalah Stasiun Sruweng, Stasiun Kemranjen, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutowinangun, Stasiun Tambak, Stasiun Ijo Baru, Stasiun Sumpiuh, Stasiun Prembun dan Stasiun Butuh. Stasiun Sruweng bahkan sudah berganti bangunan tiga kali semenjak dibangun di masa StaatsSpoorwegen.

Stasiun Wonosari Kini Non Aktif
Stasiun Wonosari Kini Non Aktif


Stasiun Kutowinangun Lama Ketika Masih Aktif (Kini Bangunannya sudah tidak ada)
Stasiun Kutowinangun Lama Ketika Masih Aktif (Kini Bangunannya sudah tidak ada)

Stasiun Kemranjen Bangunan Lama Yang Kini Sudah Tidak Ada
Stasiun Kemranjen Bangunan Lama Yang Kini Sudah Tidak Ada

Stasiun Kroya Ketika Masih Single Track dan Kanopi Lama
Stasiun Kroya Ketika Masih Single Track dan Kanopi Lama

Suasana Malam Stasiun Ijo Lama Ketika Masih Aktif
Suasana Malam Stasiun Ijo Lama Ketika Masih Aktif

Stasiun Sruweng Lama Ketika Masih Aktif (sekarang bangunannya sudah tidak ada)
Stasiun Sruweng Lama Ketika Masih Aktif (sekarang bangunannya sudah tidak ada)

Bangunan Awal Stasiun Sruweng yang dibangun StaatsSpoorwegen (sekarang sudah tidak ada)
Bangunan Awal Stasiun Sruweng yang dibangun StaatsSpoorwegen (sekarang sudah tidak ada)

https://live.staticflickr.com/4013/35788016905_59cdc1a628_c.jpg
Stasiun Tambak Ketika Masih Single Track dan Belum Ditambahi Kanopi




Terowongan Ijo lama juga sudah dinonaktifkan dan ditutup dan sekarang digantikan Terowongan Ijo Baru dengan desain konstruksi modern, rel slabtrack, dan didesain untuk jalur ganda. 


Referensi :
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Jalur_kereta_api_Kroya-Kutoarjo
2. http://aabandema.blogspot.com/2014_07_27_archive.html

Komentar

Postingan Populer