Jalur Kereta Api SS/KAI Kroya - Prupuk ( 1915 - Sekarang)

Jalur Kereta Api Kroya - Prupuk adalah jalur kereta api yang menghubungkan Kota Kroya Kabupaten Cilacap dan Kota Prupuk Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jalur ini melintasi sisi barat Provinsi Jawa Tengah menghubungkan lintas utara dan lintas selatan Jawa. Kota Purwokerto dan Bumiayu adalah kota - kota besar yang dilintasi oleh jalur ini. Pemandangan alamnya sungguh menakjubkan, tidak kalah dengan pemandangan di Bumi Priangan Jawa Barat. Terdapat dua buah terowongan di jalur ini, yaitu Terowongan Notog dan Terowongan Kebasen. Selain itu juga terdapat beberapa Jembatan Kereta yang melintasi sungai besar atau lembah diantara perbukitan seperti Jembatan Serayu , Jembatan Sakalibels dan Sakalimalas. Jalur ini dibangun oleh StaatsSpoorwegen pada tahun 1914-1915 untuk mempersingkat perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta. Adapun informasi tentang segmen Cirebon - Prupuk dapat dilihat pada postinga INI

Pada tahun 2009, Jalur ini telah diselesaikan upgrade tracknya dari single track menjadi double track dari Prupuk sampai Purwokerto, sehingga frekuensi persilangan kereta di jalur ini dapat dikurangi. Perubahan menjadi double track menyebabkan satu stasiun dinonaktifkan, yaitu Stasiun Legok. Jauh sebelumnya terdapat beberapa tambahan halte/pemberhentian yang sekarang bangunanannya sudah tidak ada, seperti Stasiun Gardu/Limbangan, Stasiun Paguyangan, Stasiun Kebocoran dan Stasiun Gentasari. 

Diantara Stasiun Purwokerto dan Notog terdapat jalu cabang yang menyambung ke jalur Maos - Purwokerto Timur - Banjarnegara - Purbalingga - Wonosobo yang dulu dibangun Perusahaan SDS (Serajoedal Stoomtram Maatschappij) sekitar dua puluh tahun sebelum jalur ini dibangun, dan sekarang sudah tidak aktif. Jalur cabang dari Stasiun Purwokerto sampai Purwokerto Timur masih aktif sampai sekitar tahun 2009.


Stasiun Legok
Eks Stasiun Legok, Non Aktif tapi bangunan masih terawat dengan baik.



Komentar

Postingan Populer