Jalur Kereta Api SS/KAI Prupuk - Cirebon (1917 - Sekarang)

Jalur kereta api Cirebon - Prupuk merupakan jalur kereta api aktif yang menghubungkan Stasiun Cirebon Jawa Barat dan Stasiun Prupuk Brebes Jawa Tengah. Saat ini dikelola oleh PT. KAI DAOP III Cirebon kecuali Stasiun Prupuk yang masuk DAOP V Purwokerto. Jalur ini dibangun oleh StaatsSpoorwegen dan mulai digunakan tahun 1917 sebagai bagian dari jalur Cirebon - Kroya (informasi tentang segmen Prupuk - Kroya dapat dilihat di POSTINGAN INI). Adanya jalur ini memungkinkan dua alternatif menuju Jakarta dari arah Yogyakarta, lewat Cirebon dan lewat Bandung/Bogor. 

Sebelumnya, di lintas yang dilalui jalur ini telah dibangun jalur Kereta api Tram Cirebon - Tegal oleh Maskapal Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij (dibahas di postingan ini), namun tidak menyambung sampai ke Prupuk. 

Setelah penyelesaian upgrade double track lintas Purwokerto - Prupuk, mulai tahun 2010 upgrade dilanjutkan di jalur ini dan pada awal 2015 ini hanya menyisakan petak Luwung - Cirebon Prujakan yang belum diresmikan penggunaan double track-nya (belum switchover jalur). Di masa kejayaan Pabrik Gula dan Kereta Uap, jalur ini memiliki banyak Stasiun, posisinya terutama di dekat berbagai Pabrik Gula. Pabrik gula yang menggunakan jalur ini antara lain PG. ketanggungan, PG Jatipiring, PG. Ciledug.  PG. Karangsuwung, dan PG. Sindanglaut. Saat ini dari sekian banyak stasiun tersebut, hanya Stasiun Luwung, Sindanglaut, Ciledug, Ketanggungan, Larangan dan Songgom yang masih aktif. Stasiun Karangsuwung dan Ketanggungan Barat di nonaktifkan berturut - turut Maret 2015 dan Desember 2014 sebagai akibat dari penggunaan jalur double track (tidak ada persilangan sehingga praktis Stasiun nganggur). Sedangkan sisa stasiun lain saat ini sudah tidak ada lagi bangunannya.

Berdasarkan situasi terakhir pada Tahun 2017, jalur Prupuk - Cirebon telah aktif double track sepenuhnya. 

Stasiun Larangan
Stasiun Larangan yang dibangun SS di jalur ini

Stasiun Ketanggungan Barat
Stasiun Ketanggungan Barat yang kini non aktif



Komentar

Postingan Populer