Jalur Kereta Api SS/KAI Duri - Tangerang (1889 - Sekarang)

Jalur Kereta api Duri - Tangerang merupakan jalur kereta api double track yang menghubungkan Stasiun Duri di Kota Jakarta Barat sampai ke Kota Tangerang Provinsi Banten. Jalur ini sekarang dikenal dengan nama jalur "brown line" Kereta Api Komuter (KRL) yang dikelola oleh PT. Kereta Api Commuter Jakarta (anak perusahaan PT. KAI). Jalur ini dibangun oleh StaatsSpoorwegen yang mulai digunakan pada tahun 1889 dengan halte dan pemberhentian awal di Tangerang, Tanah Tinggi, Batuceper, Poris, Kalideres, Rawabuaya, Pesing dan Duri. 

Dalam perkembangannya pasca kemerdekaan telah dibangun tiga halte/stasiun baru, yaitu Bojong Indah, Taman Kota, dan Grogol. Stasiun Tanah Tinggi, Taman Kota dan Grogol sempat dinonaktifkan dalam waktu yang cukup lama, namun pada bulan Juni 2015 telah diaktifkan kembali untuk mendukung mobilitas penglaju Jakarta - Tangerang. Selain itu, ke depan di jalur ini akan dibangun jalur cabang dari Stasiun Batuceper ke arah Bandara Soekarno Hatta, sehingga bisa dipastikan jalur ini akan semakin ramai di masa yang akan datang. Dari semua halte dan stasiun yang dibangun pada masa kolonial sampai sekarang di jalur ini, semua masih utuh dan beroperasi penuh.

UPDATE PER 2022

Per 2022, Lintas ini telah memiliki lintas cabang, yaitu cabang dari Stasiun Batu Ceper ke Bandara Soekarno Hatta (CGK). Tidak ada stasiun transit antara Batuceper dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, tetapi layanan kereta bandara telah dikembangkan hingga Stasiun Manggarai, Bekasi, dan Bogor. 

Komentar

Postingan Populer