Jalur Kereta Api SS/PJKA Madiun - Slahung dan Ponorogo - Badegan (1907-1984)

Jalur Kereta Api Madiun Slahung adalah jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Madiun Kabupaten Madiun dan Stasiun Slahung di Kabupaten Ponorogo. Jalur ini melewati Kota Ponorogo, kemudian bercabang ke daerah Sumoroto hingga Badegan Kabupaten Magetan dan cabang satunya lurus ke selatan hingga Stasiun Slahung di perbatasan dengan Kabupaten Pacitan. Jalur ke Badegan dibongkar oleh Pemerintah Jepang pada awal tahun 1940-an sehingga praktis saat ini tidak ada sisa-sisa yang dapat ditemui dari jalur tersebut. 

Stasiun Balong, Salah Satu Stasiun Yang Masih Utuh di Jalur Ini



Jalur ini juga melewati beberapa pabrik gula, yaitu PG. Kanigoro dan PG. Pagotan, PG. Pagotan saat ini bahkan masih beroperasi, walaupun Stasiun Pagotan-nya sendiri sudah tidak aktif. Dibangun pada tahun 1907 oleh StaatsSpoorwegen dan berjaya hingga ditutup operasionalnya tahun 1984. Sisa prasarana perkeretaapian berupa rel yang timbul-tenggelam di sepanjang jalur Madiun-Ponorogo masih bisa ditemui di lapangan. Selain itu juga terdapat sisa tiang sinyal, tiang telegraf, jembatan rel dan wesel percabangan yang masih dapat ditemui. Beberapa stasiun bangunannya masih utuh, diantara Stasiun Jetis, Balong, Kanigoro, Ponorogo, Pagotan, dan Slahung.


Komentar

  1. Alhamdulillah sangat terbantu untuk mendapatkan peta dari gmaps untuk bahan penelitian jalur ini. semoga segera direaktivasi kembalii

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer